dampak pandemi corona bagi e-commerce di Indonesia

Dampak Pandemi Corona bagi E-Commerce di Indonesia

Dampak pandemi corona di Indonesia cukup besar bagi perekonomian Indonesia. Banyak toko-toko dan bisnis yang tutup akibat imbauan tetap di rumah. Hal ini ternyata juga memberikan efek bagi dunia e-commerce tanah air.

Banyak e-Commerce Meraup Untung Selama Pandemi Corona

Imbauan agar masyarakat beraktivitas di rumah saja ternyata tidak memberikan dampak buruk bagi e-commerce seperti Shopee dan Bukalapak. Mereka justru mencatat kunjungan transaksi pengguna yang cukup tinggi.

Hal yang sama juga diungkap Bukalapak yang mengalami peningkatan pencarian produk-produk kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

Sementara itu, data yang dikeluarkan oleh Sirclo menunjukkan bahwa sejak akhir Januari 2020, terjadi peningkatan pencarian dan penjualan produk kesehatan seperti hand sanitizer, masker, tisu basah, dan vitamin. Pada Februari, angka pembelian barang-barang tersebut sangatlah tinggi dengan lonjakan mencapai lebih dari 100%!

CEO dan Co-Founder Sirclo, Brian Marshal bahkan yakin jika imbauan physical distancing dan yang terbaru adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai kota akan membuat jumlah kunjungan di e-commerce akan semakin meningkat. Hal ini akan memberikan keuntungan besar bagi bisnis online di Indonesia.

Banyak Sektor Bisnis yang Justru Membaik Selama Pandemi Corona

Global Marketing Head PT Mayora Indah Tbk, Ricky Afrianto menyebut sektor bisnis yang justru mengalami perbaikan kondisi selama pandemi corona adalah sektor medis dan kesehatan, e-commerce, serta fast moving consumer goods atau FMGC. Bahkan, kini semakin banyak produk FMGC yang awalnya bergerak secara offline mengubah jalur distibusinya secara online demi memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dampak pandemi corona membuat transaksi jual beli online meningkat. Saat melakukan transaksi jual beli online, tetap waspada dari penipuan. Pelajari ciri-ciri penipuan online di artikel berikut:

Baca juga: Ciri-Ciri Penipuan Online

Demi memastikan diri agar tidak menjadi korban penipuan online, Anda bisa cek rekening penjual disini sebelum melakukan transaksi. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui apakah penjual tersebut pernah melakukan penipuan atau tidak.

Semoga bermanfaat, tetap waspada dan jaga kebersihan. Jangan sungkan untuk menampaikan pendapat mengenai topik ini di kolom komentar, terimakasih.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Perbedaan Belanja Online dan Offline, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa Itu Bukalapak, Kelebihan, dan Cara Mendaftarnya?