penipuan belanja online

Penipuan Belanja Online Produk Kesehatan Semakin Marak

Pandemi corona yang terjadi di Indonesia membuat masyarakat memborong produk kesehatan. Diantaranya adalah masker, hand sanitizer, vitamin, hingga produk herbal atau rempah-rempah. Masalahnya adalah banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan.

Penipuan Belanja Online Produk Kesehatan Memakan Banyak Korban

Di berbagai media, berkali-kali muncul informasi yang menunjukkan korban ditipu saat membeli masker atau hand sanitizer lewat belanja online. Sebagai contoh, ada yang mendapatkan masker bekas pakai, hand sanitizer dari bahan palsu, hingga mendapatkan kotak masker yang hanya berisi potongan kertas kardus.

Para penipu ini membuka akun atau toko online di marketplace. Setelah menjalankan transaksi dengan korban, toko ini ditutup atau ditinggalkan begitu saja. Selain itu, banyak penipu yang sengaja membuka toko online di media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Biasanya, para penipu ini menawarkan barang seperti masker dengan harga yang murah. Masker memang sangat diburu masyarakat karena diyakini bisa membantu mencegah penularan virus corona. Sayangnya, harga di pasaran sudah melonjak naik. Dengan menawarkan masker murah, tentu akan lebih menarik perhatian korban.

Setelah melakukan kontak dengan korban lewat ponsel, pelaku biasanya akan meminta korban segera melunasi barang belanjaan atau minimal membayar DP terlebih dahulu. Setelah mendapatkan uang, pelaku pun menghilang.

Polri Menangani Penipuan Belanja Online Produk Kesehatan

Mabes Polri ternyata nggak tinggal diam melihat hal ini. Berdasarkan Surat Telegram Bernomor ST/1100/IV/HUK.7.1./2020 yang dikeluarkan pada 4 April 2020 lalu, disebutkan bahwa mereka akan menggencarkan patroli siber. Salah satu yang menjadi fokus patroli siber ini adalah praktik penipuan penjualan produk kesehatan secara online.

Polri pun melakukan koordinasi dengan penyedia jasa internet sehingga bisa mendapatkan akses untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum.

Penjualan Produk Kesehatan dengan Harga Tak Wajar Juga Akan Ditangani

Selain penipuan belanja online produk kesehatan, toko online yang menjual produk kesehatan dengan harga yang tak wajar juga akan dijerat dengan UU Persaingan Usaha. Hal ini ditegaskan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Meski begitu, YLKI juga akan menelusuri penyebab tingginya harga produk kesehatan di pasaran dan meminta pemerintah untuk lebih proaktif dalam mengendalikan harga produk-produk kesehatan selama pandemi corona.

Pastikan untuk selalu cermat saat akan membeli produk kesehatan seperti masker secara online. Demi memastikan diri agar tidak menjadi korban penipuan, Anda bisa cek rekening penjual disini sebelum melakukan transaksi. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui apakah penjual tersebut pernah melakukan penipuan atau tidak.

Dan jangan lupa prosedur menerima paket yang aman ya!

Baca juga: Tips Aman Menerima Paket saat Pandemi Corona

Semoga bermanfaat, tetap waspada dan jaga kebersihan. Jangan sungkan untuk menyampaikan pendapat mengenai topik ini di kolom komentar, terimakasih.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!