Tips Aman Membeli Ponsel Secara Online di Blackmarket

Tips Aman Membeli Ponsel Secara Online

Tips aman membeli ponsel secara online harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk membelinya, misalnya di blackmarket. Meski barangnya murah, Anda harus benar-benar cermat memperhatikan banyak hal. Hal ini perlu dilakukan demi mencegah terjadinya penipuan. Lantas, seperti apa sih tips aman untuk membeli barang di blackmarket?

Tips Aman Membeli Ponsel Secara Online di Blackmarket yang Perlu Anda Pahami

Terdapat beberapa tips aman membeli ponsel di blackmarket. Lantas, seperti apa sih tips-tips tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Waspadai Harga Gawai yang Terlalu Murah

Salah satu hal yang harus Anda cermati sebelum membeli gawai di blackmarket adalah harganya. Memang, harga gawai di blackmarket sangat murah. Hanya, bukan berarti Anda bisa percaya dengan harga gawai yang ditawarkan begitu saja.

Jika barang yang ditawarkan sangatlah murah, sebaiknya tidak mudah mempercayainya. Bisa jadi hal ini adalah penipuan. Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu harga gawai tersebut di pasaran. Meski barang blackmarket, bukan berarti harganya sangat rendah. Biasanya, jarak harganya tidak begitu besar.

Kalau ada penjual yang menawarkan barang blackmarket yang sangat murah. Sebaiknya Anda justru menghindarinya. Besar kemungkinan hal ini adalah penipuan.

2. Selalu Cek Gawai yang Dibeli Hingga ke Bagian Detail

Sebelum memutuskan untuk membeli gawai dari blackmarket, cek dengan teliti hingga ke bagian detail. Sebagai contoh, kalau Anda membeli ponsel, cek apakah ada bagian lecet di fisiknya. Selain itu, Anda harus mengecek apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek juga bagian layar atau touchscreen-nya. Sebaiknya Anda juga bisa mengecek bagian bahasa karena bisa jadi ponsel ini tidak menyediakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Jika sampai hal ini terjadi, tentu ponsel tidak bisa digunakan, bukan?

3. Jika Membeli Secara Daring, Selalu Cek Reputasi Penjual

Selain membelinya secara langsung, barang blackmarket ternyata juga bisa dibeli secara daring, lho. Anda bisa mencarinya di media sosial atau di marketplace. Jika membelinya di media sosial, pastikan untuk berhati-hati. Banyak sekali akun palsu atau sengaja dibuat oleh penipu untuk mencari korban. Sebaiknya Anda memilih akun yang sudah cukup terkenal atau direkomendasikan orang lain.

Kalau Anda memilih untuk mencarinya di grup Facebook, sebaiknya mencari yang memiliki ribuan pengikut. Selain itu, pastikan bahwa akun ini juga cukup aktif membalas komentar atau pertanyaan pelanggannya. Hal ini bisa membantu anda mencegah terjadinya penipuan.

Jika Anda memilih untuk mencarinya lewat marketplace, selalu cek reputasinya. Anda bisa mengeceknya lewat komentar atau rating bintang yang bisa dicek di setiap akun penjual.

4. Berhati-hatilah dengan Permainan Refund

Sistem penjualan di blackmarket terkadang cukup rumit. Sebagai contoh, karena harga barangnya murah, Anda akan dibebani ongkos kirim yang cukup mahal. Ongkos kirim ini bahkan bisa mencapai ratusan ribu Rupiah!

Jika Anda tidak cermat, bisa jadi Anda akan dibebani dengan biaya yang cukup mahal tersebut. Bukannya mendapatkan barang murah, Anda justru akan mendapatkan barang dengan biaya lebih mahal, bukan?

5. Waspada Aksesoris Palsu

Terkadang, penjual menyertakan aksesoris gawai yang palsu seperti baterai, charger, earphone, dan lain-lain. Mereka berdalih aksesoris-aksesoris ini berkualitas namun berharga lebih miring. Masalahnya adalah, aksesoris-aksesoris ini bisa jadi membuat gawai cepat rusak. Hal ini tentu akan merugikan Anda, bukan?

Selain memperhatikan berbagai hal di atas, sebaiknya lebih cermat dalam mentransfer uang ke penjual. Sebelum mengirimnya, cek dulu nomor rekening di sini demi memastikannya bukan penipu.

Kalau menurut Anda, ada tips lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli barang di blackmarket tidak? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Ciri Penipuan di Blackmarket.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!