Apa Itu Dompet Digital

Apa Itu Dompet Digital dan Apa Saja Keuntungan Memakainya?

Apa itu dompet digital? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh orang-orang yang belum pernah memakainya. Mereka ingin mengikuti tren transaksi non tunai namun belum tahu cara melakukannya. Karena alasan inilah mereka bertanya-tanya tentang apa itu dompet digital. Lantas, seperti apa sih sebenarnya fakta tentang dompet digital yang sebaiknya Anda ketahui?

Jawaban dari Apa Itu Dompet Digital

Jika ada orang yang bertanya tentang apa itu dompet digital, Anda bisa menjawabnya sebagai layanan uang elektronik. Ada dua jenis dari dompet digital yang bisa Anda temukan, yang pertama adalah berbasis chip atau kartu. Selain itu, yang kini sedang digemari banyak orang adalah yang berbentuk aplikasi layaknya Gopay atau OVO.

Satu hal yang pasti, keberadaan dompet digital ini bisa dijadikan transaksi daring ataupun langsung. Jika Anda memakai dompet digital berbentuk aplikasi, misalnya, tinggal menggunakan ponsel untuk melakukan transaksi. Transaksi ini sangatlah beragam. Sebagai contoh, Anda bisa melakukan belanja online, membeli tiket, membayar makanan, dan lain-lain.

Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir. Semua penyedia dompet digital telah berusaha sebaik mungkin untuk menjaganya. Mereka selalu memakai verifikasi pengguna untuk setiap transaksi. Selain itu, banyak dompet digital yang menerapkan QR Code, OTP, serta NFC. Berbagai hal ini diperuntukkan agar pengguna aman dan nyaman menggunakannya.

Keuntungan Memakai Dompet Digital

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika bertransaksi dengan dompet digital. Berikut adalah keuntungan-keuntungan tersebut.

1. Mudah dan Praktis

Alasan utama mengapa banyak orang kini beralih ke dompet digital adalah kemudahan yang ditawarkan. Anda tinggal membawa ponsel, bukannya uang tunai berjumlah banyak atau setumpuk kartu kredit.

Lewat aplikasi, Anda bisa membayar apa saja. Tak hanya belanja atau membayar jasa ojek online, Anda juga bisa membayar tagihan, mengisi pulsa, dan lain-lain. Anda juga bisa melakukannya di mana saja, kapan saja.

2. Terdapat Promo dan Diskon yang Menarik

Banyak dompet digital yang menawarkan promo dan diskon. Sebagai contoh, mereka menawarkan promo barang-barang murah yang bisa Anda beli. Hal ini tentu akan membuat Anda berkesempatan mendapatkan barang murah. Bahkan, bisa jadi Anda mendapatkan diskon untuk beberapa hal yang biasanya menghabiskan cukup banyak uang. Menyenangkan, bukan?

3. Lebih Aman

Karena tidak lagi perlu membawa uang dalam jumlah banyak, Anda pun tak perlu khawatir. Kasus perampokan uang tentu tidak akan mudah terjadi. Asalkan dompet elektronik dijaga password, PIN, dan OTPnya, maka saldo tidak akan mudah hilang. Selain itu, Anda juga tinggal memastikan bahwa ponsel yang Anda miliki terjaga.

4. Bisa Mengatur Keuangan

Di hampir semua layanan dompet digital, terdapat histori atau catatan transaksi yang Anda lakukan. Hal ini ternyata bisa dijadikan acuan untuk mengatur keuangan. Anda bisa mengeceknya untuk mengetahui transaksi apa saja yang sekiranya masih perlu dilakukan. Anda juga bisa menghapus beberapa transaksi yang tidak lagi dibutuhkan. Dengan keuangan yang lebih baik, kondisi ekonomi tentu akan semakin aman.

5. Bisa Top Up di Mana Saja

Dompet digital bisa diisi saldonya dimana saja, lho. Anda bisa mengaitkannya langsung dengan rekening bank. Anda juga bisa mengisinya lewat ATM. Bahkan, beberapa minimarket atau layanan ojek online juga menyediakan layanannya. Sangat mudah, bukan?

Satu hal yang pasti, selalu cermat saat memakai dompet digital. Jangan sembarangan mentransfer uang ke nomor rekening yang tidak dikenal. Jika ingin belanja online, misalnya, cek dulu nomor rekening tujuan di sini. Hal ini demi mencegah terjadinya penipuan.

Kira-kira, keuntungan apa lagi ya yang bisa didapatkan dari menggunakan dompet digital? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Daftar Dompet Digital Terbaik di Indonesia.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Perbedaan Belanja Online dan Offline, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa Itu Bukalapak, Kelebihan, dan Cara Mendaftarnya?