kartu kredit

Kartu Kredit, Solusi Praktis dan Aman Berbelanja Online

Di Indonesia, tidak semua orang menggunakan kartu kredit. Selain dianggap belum perlu, kebanyakan orang berpikir jika adanya kartu ini membuat keuangan menjadi semakin boros.

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran resmi yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya sebagai bentuk fasilitas, dimana dalam fasilitas tersebut bank akan menerapkan sejumlah kebijakan dan juga aturan yang akan mengatur mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak (nasabah dan bank).

Kartu kredit memiliki sejumlah dana (limit) di dalamnya, yang jumlahnya ditentukan oleh pihak bank selaku penerbit. Hal tersebut memungkinkan nasabah dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, baik itu pembelanjaan ataupun penarikan tunai di mesin ATM dalam jumlah tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak bank.

Ada banyak sekali kegunaannya, termasuk dalam hal mengembangkan bisnis online. Salah satunya untuk memudahkan kita dalam bertransaksi.

Apa saja keuntungan memiliki kartu kredit?

1. Aman

Bila kartu Anda hilang atau dicuri, Anda dapat meminta pihak bank untuk diblokir. Hal ini untuk melindungi dari penyalahgunaan pihak lain.

2. Praktis dan Nyaman

Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak untuk melakukan transaksi. Sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

3. Pertolongan saat Keadaan Darurat

Sebagai alat pembayaran untuk kondisi darurat seperti ketika tidak ada uang tunai. Pastikan jumlah saldo Anda yang tersedia mencukupi.

4. Mempermudah Mengatur Anggaran Keuangan

Fasilitas cicilan termasuk yang mempermudah perencanaan keuangan. Juga menwarkan fasilitas pembayaran segala macam tagihan.

5. Pengeluaran Dapat Dilacak

Catatan transaksi dalam lembar tagihan secara rutin didapatkan. Dengan ini Anda dapat mengatur pengeluaran supaya tidak boros.

6. Mempermudah Transaksi Online

Mempercepat proses barang secara online karena banyak situs berbelanja online menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran.

7. Diskon

Kartu ini juga berfungsi untuk mendapatkan diskon atau potongan harga dari partner bank penerbit kartu tersebut. Misalnya potongan harga untuk makan di restoran tertentu, belanja bulanan di supermarket, hingga diskon belanja fashion. Harga miring ini kadang hanya tersedia dengan pembayaran melalui kartu kredit.  

8. Cicilan 0 persen

Fasilitas cicilan 0 persen banyak disediakan bank penerbit kartu kredit untuk barang-barang yang relatif mahal. Seperti laptop, kursi tamu, meja makan, dan kebutuhan lainnya.

Fasilitas cicilan 0 persen ini dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dana yang besar. Sebaliknya bank membantu nasabahnya untuk membeli dengan cara cicilan dalam jangka waktu 6 hingga 12 bulan. Fasilitas ini sangat membantu nasabah kartu kredit untuk mengatur uangnya.

9. Travelling Jauh Lebih Mudah

Memesan tiket secara online dari smartphone Anda umumnya mensyaratkan Anda harus memiliki kartu kredit. Agen perjalanan online akan mendebet dana dari kartu kredit Anda untuk membayar tiket perjalanan.

Transaksi seperti ini sangat mudah, dapat dilakukan kapan saja hanya dengan memakai  smartphone. Kemudahan seperti ini belum dimiliki oleh kartu debit.

10. Menjadi Mata Uang Internasional

Saat di luar negeri, Anda tidak usah pusing untuk menukar rupiah ke mata uang asing. Sebab, kartu kredit merupakan alat transaksi yang berlaku secara internasional.

Setiap pembelanjaan yang dilakukan secara otomatis dikonversi ke rupiah. Kamu jadi tidak repot untuk menghitung berapa pengeluaranmu saat di luar negeri.

10 keuntungan diatas tidak akan mencegah Anda dari penipuan. Oleh karena itu, agar tetap aman dalam bertransaksi, terlebih dahulu cek nomor rekening tujuan disini.

Semoga bermanfaat, tetap waspada terhadap penipuan online, dan jangan sungkan untuk memberikan pendapat Anda di kolom komentar, terimakasih.

Baca juga: Ciri-Ciri Penipuan Online

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Branding Dalam Bisnis, Apakah Penting?

Ecommerce: Pengertian, Jenis, Contoh dan Kelebihannya