apa itu branding

Branding Dalam Bisnis, Apakah Penting?

Branding dilakukan oleh perusahaan besar ataupun pebisnis yang memulai usaha supaya dikenal lebih banyak orang. Di lini bisnis manapun, upaya memperkenalkan identitas bisnis maupun produk selalu dilibatkan dalam setiap aktivitas pemasaran. Karena jika tidak, suatu merek bisnis dan produk yang dijualnya akan sulit diketahui dan ditemukan dengan baik oleh orang-orang.

Dalam upaya membangun bisnis dengan merek yang bermutu, pemilik UMKM dapat memanfaatkan Kredibel For Business, yaitu sebuah website sekaligus toko online untuk verifikasi dan memperoleh review yang baik atas reputasi layanan bisnis Anda.

Pengertian Branding

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan branding, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui pengertian dari “brand”. Menurut Kotler (2012), brand atau merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari penjual satu dan yang lain, serta guna membedakan produk atau jasa dari kompetitor. 

Sementara branding adalah proses mengkomunikasikan nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari semua tersebut secara kontinu dan terencana, supaya terbentuk identitas merek yang untuk, menarik, dan mudah diingat oleh masyarakat. Branding juga memuat penyampaian visi dan misi dalam bermacam-macam konten di berbagai media, baik media sosial, televisi, radio, hingga billboard.

Tujuan Branding untuk Bisnis

Seiring berkembangnya zaman, kini tujuan branding dalam bisnis bukan hanya soal menciptakan atau memberi nama pada produk, melainkan lebih luas lagi adalah sebagai salah satu cara perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan mempertahankan eksistensi bisnisnya. Branding harus terus dijalankan oleh semua wirausahawan dan wiraswasta.

Pengertian Wiraswasta

Menurut Direktorat Pendidikan Menengah Umum (1982:65), wiraswasta diartikan sebagai jenis pekerjaan atau orang yang bekerja secara mandiri dan tidak ditentukan oleh atasan. Sedangkan, pengertian wirausaha menurut Raymond adalah seseorang yang inovatif, kreatif, dan mampu mewujudkan kreativitasnya untuk meningkatkan kesejahteraan diri sendiri, lingkungan, dan masyarakat. 

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Wirausaha

  • Wirausaha dijalankan oleh orang yang mampu dalam mengelola dan memanfaatkan berbagai sumber daya dalam skala besar;
  • Bisnis atau usaha yang dijalankan seorang wirausaha tidak terpaku pada satu bidang bisnis saja;
  • Mampu berinovasi, berkreasi, dan menetapkan visi jangka panjang untuk bisnisnya;
  • Seorang wirausahawan biasanya bekerja bersama orang lain dalam sebuah tim yang saling mengandalkan dan dipercaya.

Wiraswasta

  • Pekerjaan wiraswasta dilakukan pada bisnis milik orang lain;
  • Mampu menciptakan nilai tambah pada produk dan memberi kepuasan pada pelanggan;
  • Bisnis yang dijalankan seorang wiraswasta berfokus pada satu bidang bisnis;
  • Terampil dan berani bertindak sesuai kemampuan untuk mengumpulkan uang dan modal dalam membangun usaha atau bisnis secara mandiri.

Apa Itu Branding dalam Sebuah Bisnis

Perlu Anda pahami, branding untuk menciptakan citra positif di benak khalayak umum bukanlah suatu proses yang sebentar. Untuk sampai brand benar-benar melekat di benak publik dan menjadi favorit (top of mind), butuh proses branding yang berkelanjutan, kreatif, inovatif, sekaligus konsisten dalam jangka waktu yang lama. Anda juga harus adaptif terhadap model branding yang sedang tren sesuai zaman.

Seperti halnya Starbucks yang mewakili kopi, KFC ayam goreng, Tesla untuk mobil, dan Aqua untuk air mineral. Merek-merek tersebut mampu eksis selama puluhan tahun berkat pengalaman positif dari produk dan layanan mereka yang berhasil tersampaikan ke pelanggan. Lebih daripada itu, brand identity mereka telah dikenal secara positif lebih dulu berkat branding yang terencana dan konsisten. Bahkan oleh orang-orang yang belum mencoba merek tersebut tahu produk yang ditawarkan brand tersebut.

Langkah Penting Dalam Melakukan Branding

  • Tentukan target audiens

Meskipun produk Anda dapat dikonsumsi oleh semua orang, namun menentukan target pasar yang spesifik akan membantu Anda lebih fokus pada siapa pemasaran ditujukan.

  • Tentukan karakteristik brand

Anda bisa menentukan karakteristik brand sespesifik mungkin menggunakan prinsip 5W+1H. Mencakup value produk, manfaat, cara mengkomunikasikannya, tempat menyebarkan promosinya, jadwal promosi, dan penanggung jawab.

  • Tentukan persona brand

Persona merupakan representasi pengguna dari produk Anda dalam bentuk individu imajiner yang mencakup deskripsi karakteristik, status ekonomi dan pekerjaan, pengalaman, hingga kondisi lingkungannya. Adanya persona brand akan membantu Anda dalam menyusun brand voice untuk materi promosi dan pemasaran.

  • Tentukan penampilan brand

Hal ini berkaitan dengan visualisasi dari brand yang meliputi warna, font atau huruf, pengemasan, dan logo.

  • Manfaatkan media sosial

Gunakan media sosial secara maksimal untuk mengenalkan brand Anda melalui konten gambar, video, teks, dan audio yang kreatif.

Branding dan Marketing, Apakah Bedanya?

Seperti yang kita tahu, branding adalah upaya pengenalan atau pencitraan merek untuk menciptakan kesan positif di benak orang lain. Bisa dibilang juga sebagai upaya mengkomunikasikan produk dan layanan, sehingga terbentuk kepercayaan konsumen kepada perusahaan.

Sementara marketing merupakan berbagai cara yang dilakukan agar konsumen mau membeli produk yang ditawarkan. Kegiatan marketing mencakup penjualan, periklanan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain.

Meskipun caranya berbeda, namun pada akhirnya branding dan marketing memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga hubungan baik dengan konsumen dan meningkatkan penjualan.

Contoh Branding yang Menarik dan Sukses

McDonald’s adalah merek yang sukses dalam membangun branding sebagai penjual hamburger. Saat melihat lengkungan emas, kita bisa dengan mudah mengenalinya sebagai logo hamburger McDonald’s. Selain logo, McDonald’s mengimplementasikan strategi customer oriented yang mengedepankan kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Tercermin dari menu-menunya yang bervariasi dan disesuaikan dengan budaya serta cita rasa setiap negara. Tidak sulit menemukan McDonald’s, karena tidak hanya membuka gerai besar, tapi juga outlet delivery order.

Salah satu aspek branding yang harus dipertimbangkan yaitu penilaian atau rating memuaskan dari pelanggan. Untungnya, kini Anda bisa membangun bisnis yang lebih kredibel melalui verifikasi toko online yang bisa dilakukan di Kredibel For Business. Tentunya, membuat bisnis lebih berkualitas dan terpercaya sangat dibutuhkan dalam membangun brand dan menarik pelanggan lebih banyak.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Ecommerce: Pengertian, Jenis, Contoh dan Kelebihannya

Pengertian Wirausaha, Kelebihan dan Contohnya