Jenis Scam Bitcoin

Jenis Scam Bitcoin Ini Wajib Diwaspadai

Scam Bitcoin bisa dijelaskan sebagai salah satu jenis penipuan di mata uang virtual. Masalahnya adalah kini semakin banyak kasus scam. Hal ini disebabkan oleh kenaikan nilai Bitcoin dengan signifikan. Banyak orang yang akhirnya mengambil kesempatan dengan melakukan penipuan.

Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.

Dalam bahasa Inggris, scam diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.

Beberapa Jenis Scam Bitcoin yang Harus Diwaspadai

Terdapat beberapa jenis scam Bitcoin yang sebaiknya Anda waspadai. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda tentu tidak akan mudah mejadi korban penipuan.

Berikut adalah jenis-jenis scam Bitcoin tersebut.

1. Bitcoin Exchange yang Ternyata Palsu

Jangan mudah percaya dengan iklan yang terlihat sangat menarik dan menawarkan keuntungan. Sebagai contoh, iklan ini menawarkan harga Bitcoin yang bisa dibeli 10 persen lebih murah dari pasaran. Iklan ini juga menyebut Anda bisa mendapatkan keuntungan besar. Hal ini justru sebaiknya diwaspadai.

Iming-iming keuntungan yang terlalu banyak sebenarnya sangat tidak realistis. Selain itu, iklan ini juga biasanya disertai dengan tautan Bitcoin Exchange atau tempat jual beli Bitcoin yang palsu.

Anda juga sebaiknya mewaspadai tempat jual beli Bitcoin yang menyediakan penukaran Bitcoin dengan Paypal. Biasanya, modus ini dilakukan dengan mengisi formulir tertentu. Setelahnya, anda akan diberi QR Code untuk menyelesaikannya. Masalahnya adalah, QR Code ini hanya membuat uang virtual Anda disedot habis oleh penipu. Anda pun tidak akan mendapatkan satu pun Bitcoin.

2. Bitcoin Wallet yang Ternyata Palsu

Bitcoin Wallet adalah dompet digital untuk Bitcoin. Di sinilah Anda bisa menyimpan Bitcoin Anda. Masalahnya adalah, kini ada banyak sekali scam yang mengintai walletwallet tersebut. Meski tidak terkait langsung dengan aktivitas jual beli, bisa jadi wallet ini dicuri oleh penipu dan menyebabkan Bitcoin habis tak tersisa.

Demi mencegahnya, Anda sebaiknya tidak mudah percaya dengan tawaran wallet Bitcoin di situs yang kurang jelas. Pastikan untuk mendapatkan wallet di tempat dengan reputasi yang telah terjamin. Anda bisa mendapatkannya lewat rekomendasi di forum Bitcoin. Selain itu, hati-hati dengan tautan mencurigakan. Jika diklik, tautan ini bisa saja menyedot data pribadi dan membuat Bitcoin di wallet tercuri.

3. Waspada dengan Phishing

Phishing adalah sejenis penipuan yang dilakukan dengan menggunakan tautan palsu. Tautan ini dikirimkan lewat e-mail, SMS, dan lain-lain. Jika kita meng-klik tautan ini, data pribadi akan disedot penipu. Dengan data inilah Bitcoin kita bisa hilang diambil oleh orang lain.

Melihat fakta ini, Anda sebaiknya tidak sembarangan membuka e-mail atau SMS. Jika ada tautan, jangan sembarangan membukanya. Selain itu, jangan mudah terpancing iklan dengan tautan di internet.

4. Skema Ponzi

Sebenarnya, penipuan dengan sistem skema Ponzi apapun jenisnya akan menawarkan hal yang sama. Tawaran tersebut adalah penggandaan uang dalam waktu yang singkat. Anda hanya diminta untuk mengirimkan uang. Hanya, di kasus ini, yang diminta adalah Bitcoin Anda.

Selain itu, Anda juga diminta untuk mencari downline atau korban lainnya. Setelah ada banyak Bitcoin terkumpul, penipu kemudian menghilang. Orang-orang yang menjadi korban pun merana karena tidak mendapatkan keuntungan yang dijanjikan.

5. Waspada Cloud Mining

Cloud Mining bisa dijelaskan sebagai tempat pengguna Bitcoin mengumpulkan dana demi membeli Bitcoin. Masalahnya adalah, ada Cloud Mining palsu. Di sini, sejumlah uang yang dikumpulan dari pengguna Bitcoin justru hilang karena diambil penipu.

Jangan langsung percaya dengan tawaran iklan Bitcoin menggiurkan. Sebelum bertransaksi online, cek dulu nomor rekening/telepon penerima di sini. Hal ini bisa memastikannya berpotensi melakukan penipuan atau tidak.

Dengan mngecek nomor rekening/telepon Anda bisa tahu apakah pemilik nomor tersebut pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidak. Hal ini dapat menjadi pertimbangan kamu sebelum melakukan transaksi online.

Punya pengalaman dengan penipuan Bitcoin, tidak? Kalau ada, ceritakan di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terimakasihh.

Baca juga: Risiko Bitcoin yang Harus Anda Ketahui.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Branding Dalam Bisnis, Apakah Penting?

Ecommerce: Pengertian, Jenis, Contoh dan Kelebihannya