Cara Transfer Bank BTN

Cara Transfer BTN Lewat ATM

Salah satu cara transfer BTN adalah dengan menggunakan ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Lantas, seperti apa sih cara mengirim uang dari BTN ke sesama bank atau antar bank?

Cara Transfer BTN Menggunakan ATM

Cara Transfer BTN

Keberadaan ATM memang bisa memberikan kemudahan tersendiri. Anda tak perlu lagi harus datang ke bank hanya demi mengambil atau mentransfer uang. ATM juga bisa ditemukan di mana-mana. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kantor cabang bank yang belum tentu dekat dari rumah.

Sebelum menggunakan ATM, Anda tentu harus memiliki kartu ATM terlebih dahulu. Biasanya, kartu ATM didapatkan saat Anda membuka rekening. Hanya, kartu ini juga harus diaktifkan oleh Customer Service (CS) terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

ATM juga baru bisa digunakan dengan menggunakan PIN. Biasanya, PIN ini terdiri dari 6 digit angka. Anda sebagai pemilik ATM haruslah cermat dalam memilih nomor PIN ATM agar aman. PIN ini harus dirahasiakan dari orang lain demi keamanan saldo rekening bank.

Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda perhatikan saat melakukan transfer lewat ATM BTN.

  • Pergilah ke ATM BTN terdekat. Jika tidak ada, Anda juga bisa mencari ATM bersama atau Link. ATM ini bisa dipakai oleh pemilik rekening dari bank apa saja. Hanya, ada biaya administrasi tambahan saat menggunakannya.
  • Setelah masuk ke dalam bilik ATM, masukkan kartu ATM. Pastikan kartu tidak terbalik dan sesuaikan dengan petunjuk yang ada.
  • Akan muncul pilihan bahasa. Agar mudah, sebaiknya Anda memilih Bahasa Indonesia saja.
  • Masukkan PIN ATM Anda. PIN ini terdiri dari 6 digit angka. Jangan sampai salah memencet karena jika sampai 3 kali salah, ATM akan diblokir secara otomatis.
  • Pilihlah Menu Transfer. Setelahnya, Anda akan diberi pilihan dari Tabungan. Setelahnya, Anda akan dihadapkan pilihan untuk mentransfer ke rekening sesama BTN atau ke Rekening Bank Lain.
  • Jika yang Anda pilih adalah rekening sesama BTN, tinggal menuliskan nomor rekening yang Anda tuju. Setelahnya, Anda tinggal menulis jumlah uang yang akan ditransfer.
  • Jika yang Anda pilih adalah Rekening Bank Lain, maka anda harus menuliskan kode bank yang dituju. Setelahnya, akan diikuti dengan nomor rekening tujuan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirim uang ke rekening BRI, maka harus menuliskan kode bank BRI berupa 002. Setelahnya, anda tinggal menambahkan nomor rekening tujuan.

Jika Anda tidak tahu kode bank yang dituju, biasanya ada pilihan daftar kode bank. Cek kode bank di menu tersebut. Setelah diketahui, Anda bisa kembali ke pilihan menuliskan kode bank dan nomor rekening.

  • Jika ada permintaan untuk memasukkan kode referensi, Anda bisa mengosongkannya.
  • Setelah Anda menyelesaikan pengisian nomor rekening dan nominal uang yang ditransfer, akan muncul layar konfirmasi. Jika semua sudah benar, termasuk nama penerima, tekan Ya.
  • Tunggulah beberapa saat. Layar ATM akan mengeluarkan informasi tentang keberhasilan transfer. Kertas struk juga akan keluar sebagai bukti bahwa transfer selesai dilakukan.
  • Jika sudah tidak ada lagi keperluan dengan ATM, Anda tinggal menekan Tidak saat ada pertanyaan untuk melanjutkan transaksi lainnya.
  • Kartu ATM pun keluar dengan sendirinya. Ambil kartu, dan keluar dari bilik ATM.

Sebelum memutuskan untuk mengirim uang ke rekening orang tak dikenal, sebaiknya cek dulu di sini. Anda bisa memastikan apakah nomor rekening ini terindikasi penipuan atau tidak.

Mudah bukan mentransfer uang dengan ATM BTN? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga: Cara Menutup Rekening BTN.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Rekening Tabunganku BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?