Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Apa itu Paypal? Pertanyaan ini biasanya muncul dari orang-orang yang menjalankan bisnis secara online. Sebenarnya, Paypal adalah jasa transfer yang menyediakan rekening virtual. Jaringannya sangat kuat dan tersebar di banyak negara. Hal ini berarti, Anda bisa melakukan pembayaran di manapun dan kapanpun. Sangat praktis, bukan?

Apa Itu PayPal?

Sumber : www.paypal.com

Paypal tercipta pada Tahun 1988 di Amerika Serikat sebagai solusi dari pengiriman uang yang sebelumnya hanya berupa cek atau wesel. Kedua metode ini dianggap membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, mengingat Paypal memungkinkan pembayaran secara online, kini penggunanya pun sangat beragam. Ditambah lagi tingkat keamanannya juga sudah terjamin jika dibandingkan dengan metode pembayaran online lainnya.

Hal ini juga mempermudah para pelaku bisnis online untuk memasarkan produknya tanpa terhalang oleh sistem pembayaran yang terbatas oleh jarak dan waktu. Dengan adanya Paypal ini, penjual dan pembeli mudah saja untuk melakukan transaksi dan belanja online di dalam maupun luar negeri. Kapanpun dan dimanapun PayPal ini bisa digunakan dengan mudah dan praktis.

Beragam Manfaat dan Kelebihan Paypal

Terdapat banyak sekali manfaat dan kelebihan dari Paypal yang bisa Anda nikmati. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

1. Fleksibel

Paypal menyediakan banyak sekali akses bagi penggunanya di internet. Ada situs mobile, situs desktop, hingga aplikasi. Asalkan Anda sudah memiliki akun dan password, Anda bisa berkirim uang dengan mudah dan cepat.

Bahkan, sudah ada banyak sekali aplikasi belanja online yang terafiliasi dengan Paypal. Tak hanya itu, banyak game online populer yang sudah bekerja sama juga dengan PayPal untuk transaksi jual beli item dan fitur yang disuguhkan didalam game tersebut. Sehingga hal ini juga sangat mempermudah kebutuhan banyak orang. Jadi, kalau Anda berbelanja di toko online diluar negeri dan atau ingin membeli item dalam game, bisa dengan mudah membayarnya. Paypal bahkan langsung mengonversikan mata uang secara otomatis. Anda pun tidak perlu kesulitan menghitungnya. Fleksibel banget!

2. Terpercaya

Mengingat Paypal digunakan digunakan lintas-negara, maka sistem keamanannya pun harus terjamin. Pengguna Paypal juga telah terverifikasi dengan baik demi mencegah penipuan. Sebagai contoh, Anda harus memiliki rekening bank atau kartu kredit untuk bisa mengaitkannya (syncronized) dengan Paypal.

Hal ini sangat berbeda jika Anda harus mengirim uang ke rekening orang lain antar bank. Anda harus mengecek nomor rekening tujuan di sini demi mencegah terjadinya penipuan.

3. Praktis

Ternyata, Paypal menyediakan fitur pengembalian dana yang cukup praktis. Sebagai contoh, jika Anda membeli barang secara online namun barang yang datang tidak puas. Anda tinggal melaporkan hal ini ke penjual dan Paypal. Dana bisa dikembalikan dengan cepat dan mudah tanpa bertele-tele. Anda juga bisa mengirimkan dan menerima uang secara instan dari para pengguna PayPal lainnya

4. Tidak Kerepotan Menghitung Biaya Tambahan

Biaya transfer antar bank, apalagi ke luar negeri bisa jadi akan membutuhkan biaya tambahan. Jumlahnya juga bisa jadi tidak sedikit. Hal ini sangat berbeda dengan Paypal. Jika memang ada biaya transaksi, akan langsung dikenakan dalam pembayaran. Anda pun tidak akan repot menghitung biaya lain-lain lagi.

5. Bisa Transaksi ke Bank Lokal

Selain bisa mengirim dan menerima uang antar sesama pengguna, PayPal juga bisa melakukan transaksi ke bank-bank lokal yang sudah terdaftar. Karena tingkat keamanan PayPal yang tinggi, pengguna juga harus melalui proses verikasi terlebih dulu sebelum melakukan transaksi yang ingin dilakukan.

Cara Daftar Akun PayPal

Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan saat membuka akun Paypal. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut.

  • Buka situs resmi PayPal.
    Homepage Website PayPal
  • Akan muncul pilihan membuat akun Paypal Pribadi atau Paypal Bisnis. Tentukan pilihan dan kemudian klik tombol Daftar.
  • Anda kemudian akan diarahkan ke pilihan jenis akun. Anda bisa memakai akun Primer.
  • Isi data pribadi. Jika sudah lengkap, klik Setuju dan Buka Rekening.
  • Akan muncul Halaman Verifikasi. Anda pun tinggal memasukkan kode yang sudah dikirimkan sebelumnya di kolom.
  • Setelahnya, klik Lanjutkan serta Masuk ke Rekening Saya. Pastikan untuk melakukan verifikasi di email.
  • Akan muncul halaman baru Paypal. Anda tinggal login dengan alamat email dan password yang telah Anda tentukan.
  • Lengkapi profil dan atur keamanan akun agar Paypal bisa segera digunakan.
  • Selesai

Selain dapat diakses lewat komputer/PC, Anda juga bisa daftar dan mengakses akun PayPal melalui ponsel. Caranya dengan mengunduh aplikasi PayPal di Play Store atau App Store.

Transaksi dalam jual beli online sudah sangat lumrah di saat sekarang ini. Namun, ada baiknya Anda mengecek nomor rekening tujuan di sini untuk mengetahui validitas nomor rekening tujuan Anda. Dengan begitu Anda bisa memastikan apakah nomor rekening pernah melakukan penipuan atau tidak. Serta bisa mencegah orang lain terhindar dari bentuk penipuan-penipuan online yang sering terjadi.

Apakah Anda punya pengalaman menggunakan Paypal? Berikan tips untuk memakainya di kolom komentar, ya?

Sekian, semoga bermanfaat!

Sumber : Cermati

Baca Juga : Tips Aman dari Phising

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Rekening Tabunganku BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking?