Tips Aman Belanja di Lazada

Tips Aman Belanja di Lazada

Tips aman belanja di Lazada harus Anda cermati agar Anda juga tidak menjadi korban penipuan. Hal ini disebabkan oleh kasus penipuan di e-commerce ini masih sering terjadi. Kerugian yang dialami korban tidak sedikit. Ada yang bahkan sampai kehilangan jutaan Rupiah akibat hal ini. Karena aasan inilah Anda harus benar-benar mencermati tips aman belanja di Lazada.

Berbagai Tips Aman Belanja di Lazada

Terdapat beberapa tips aman belanja di Lazada yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Mengecek Rating Toko

Di Lazada, setiap pembeli memiliki hak untuk memberikan rating atau ulasan pada penjual. Jika memuaskan, mereka tentu akan memberikan rating yang baik. Jika tidak, ratingnya tentu sangat buruk. Bahkan, bisa jadi akan muncul hujatan di bagian ulasan. Hal ini tentu akan sulit dimanipulasi oleh para penipu.

Selain mengecek rating, Anda juga harus mencermati hal lainnya. Sebagai contoh, cek identitas penjual. Jika terlihat tidak jelas seperti tidak mencantumkan alamat lengkap, sebaiknya dihindari. Cek juga deskripsi dan gambar barang yang dijual. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan harga barang yang terlalu murah. Bisa jadi hal ini adalah cara penipu menarik perhatian korban.

2. Memilih Untuk Berbelanja di Mall Lazada

Banyak orang yang tidak tahu jika Lazada sebenarnya memiliki mall. Namanya adalah Laz Mall. Di sini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam barang. Barang-barang ini hanya disediakan oleh Lazada. Barang yang dijual tentu terjamin dan bisa dipastikan orisinil. Sebagai contoh, Anda bisa membeli peralatan eletronik atau peralatan rumah tangga di sini.

Tak perlu khawatir soal harga. Di Laz Mall, ternyata juga cukup sering promo atau diskon sebagaimana di situsnya, kok.

3. Membeli Barang di Official Store

Di Lazada, ada kok akun-akun Official Store yang menjual produk-produk asli dari produsen. Official Store ini berasal dari merek besar. Barang-barang yang ditawarkan tentu yang berkualitas tinggi. Penipu sulit untuk berpura-pura menjadi Official Store karena Lazada biasanya akan memberikan logo pada toko resmi tersebut. Logo ini disebut sebagai Flagship Store.

4. Lakukan Transaksi Lewat Sistem di Dalam Lazada

Lazada sudah menyediakan sistem yang bisa Anda maksimalkan jika ingin membayar barang yang dibeli. Sistem ini memungkinkan Anda membayar dengan berbagai macam opsi. Sebagai contoh, Anda bisa membayar lewat kartu kredit atau ATM. Hanya, pembayaran ini memakai semacam rekening bersama. Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya penipuan. Sebelum pembeli mendapatkan barang yang dibeli, uang tidak akan dikirimkan sistem Lazada ke penjual.

Hanya, terkadang penipu ingin mengakali hal ini dengan meminta pemberi membayar di luar sistem. Mereka meminta pembeli mengirimkan uang langsung ke nomor rekening pribadinya.

Jika Anda menemukan penjual seperti ini, cek saja nomor rekening tersebut di sini. Anda pun bisa segera memastikannya apakah penipu atau bukan.

5. Bisa COD

Salah satu kelebihan lain yang ditawarkan Lazada adalah adanya pilihan COD atau Bayar di Tempat. Hal ini bisa dilakukan jika Anda tinggal di wilayah yang dekat dengan penjual. Sebagai contoh, Anda tinggal di kota yang sama sehingga bisa saja bertemu. Saat bertemu, Anda bisa mendapatkan barang sekaligus membayarnya. Penipuan pun tidak akan mudah terjadi, bukan?

Banyak toko resmi di Lazada yang menerapkan COD dengan tujuan pembeli bisa langsung mengecek kondisi barang. Keren ya?

Anda punya pengalaman bertransaksi di Lazada tidak? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Keunggulan Lazada yang Perlu Anda Ketahui.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!