Forum Jual Beli Online

Tahapan Melaporkan Penipuan Forum Jual Beli Online

Menjadi korban penipuan forum jual beli online tentu sangat menyebalkan. Tak hanya uang yang hilang, barang juga tak datang. Selain itu, banyak orang yang bingung bagaimana cara melaporkan penipuan. Mereka menganggap laporan juga belum tentu bisa mengembalikan uangnya.

Cara Melaporkan Penipuan Forum Jual Beli (FJB) Online

Alih-alih hanya marah atau bersedih, sebaiknya tenangkan pikiran jika jadi korban penipuan. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk melaporkannya.

1. Jangan Terbawa Emosi

Jika penipuan berupa barang tidak sesuai dengan yang dipesan, jangan langsung emosi. Segera hubungi penjual untuk menanyakan hal ini. Tak lupa, selalu dokumentasikan saat membuka paket atau mengecek barang yang baru sampai. Dokumentasi ini bisa dikirimkan ke penjual di forum jual beli.

Jika memang terbukti terjadi kesalahan atau kekeliruan, penjual akan mengganti barang tersebut. Jika Anda marah-marah terlebih dahulu, bisa jadi penjual akan kesal dan akhirnya tidak mau lagi melayani.

Jika terjadi penipuan atau pengiriman barang yang tidak sesuai, segera laporkan hal ini ke situs FJB online. Beritahukan bukti tentang kejadian ini dengan jelas dan detail. Jika Anda melakukannya dengan cepat, penyedia forum akan menahan transfer uang ke penjual. Anda pun tidak perlu khawatir uang tersebut akan hilang.

Dalam banyak kasus, situs forum jual beli online akan memberikan dua opsi. Opsi pertama adalah pengembalian uang dan opsi kedua adalah barang diganti dengan yang baru.

3. Cek Mekanisme Pelaporan di Situs Forum Jual Beli

Jangan panik jika jadi korban penipuan. Segera cek mekanisme pelaporan di situs FJB. Jika masih bingung meski sudah mengeceknya, laporkan ke bagian customer service. Anda akan dipandu untuk memberikan laporan penipuan. Hanya, pastikan untuk menyertakan bukti yang lengkap, ya?

4. Lapor ke Pihak yang Berwajib

Selain ke situs forum jual beli online, laporkan penipuan ke aparat kepolisian ya? Apalagi jika penjual tak lagi bisa dihubungi. Polisi akan membantu melacak penipu dan sebisa mungkin menyelesaikan kasus ini.

Alih-alih menjadi korban, sebaiknya Anda mencegah terjadinya penipuan. Sebelum berbelanja di toko online, sebaiknya mengeceknya di sini terlebih dahulu untuk memastikan toko bisa dipercaya.

Kalau menurut Anda, apa yang sebaiknya dilakukan agar aman bertransaksi di FJB? Berikan saranmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Laporkan Penipuan Forum Jual Beli di Tempat Ini.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!