Menjaga Keamanan Akun Shopee

Penipuan di Shopee, Bagaimana Mencegahnya?

Penipuan di Shopee makin marak dan mendapatkan banyak korban. Seberapa penting cara mencegah penipuan di Shopee bagi yang suka belanja online? Menjaga keamanan akun di Shopee bisa menurunkan risiko terkena penipuan, lho! Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari pentingnya hal ini.

Padahal, jika sampai akun atau data pribadi kita dicuri orang, risiko untuk mengalami penipuan akan semakin meningkat. Lantas, seperti apa cara yang bisa kita lakukan demi mencegah penipuan di Shopee?

Bagaimana mencegah penipuan di shopee? Image Source: Pixabay

Jenis penipuan di shopee yang harus di waspadai

Fraud atau penipuan di shopee akan terus terjadi selama pelanggan tidak memperhatikan keamanan dalam bertransaksi online. Seperti apa modus penipuan yang harus diwaspadai bagi yang gemar bertransaksi online? Simak ulasannya berikut ini!

Penipuan Mitra Shopee Dengan Deskripsi Barang tidak sesuai

Kekurangan dalam berbelanja online adalah kita tidak bisa memastikan produk yang ditawarkan oleh penjual tersebut asli atau palsu. Mitra Shopee mengklaim barang-barang yang dijual adalah produk asli. Namun, dalam beberapa kasus terjadi penipuan menggunakan produk palsu atau KW.

Namun, berdasarkan rujukan dari laman Shopee, toko star seller tidak diperbolehkan menjual barang tiruan, terdapat keterangan KW dan produk share in jar. Untuk mengantisipasi tertipu oleh barang palsu, kamu bisa mengecek status toko. Shopee memberikan gelar Star Seller kepada toko-toko yang memiliki reputasi terpercaya, salah satu keaslian produk yang dijual.

Penipuan di Shopee yang Mengirim Barang Rusak

Modus yang paling sering terjadi yaitu mengirimkan barang rusak kepada pembeli. Kabar baiknya, kasus ini bisa dilaporkan dan uang kamu bisa dikembalikan. Biasanya penjual yang mengirim barang rusak cenderung bersikap agresif. Penjual akan meminta pembeli untuk segera melakukan konfirmasi setelah barang datang. Mereka bahkan menelepon lewat nomor ponsel.

Sedangkan, pembeli pemula biasanya akan merasa terintimidasi oleh sikap penjual yang agresif. Karena malas diganggu dengan chat dan telepon dari mereka terkadang pembeli mengklik tombol Barang Sudah Diterima. Terlebih jika pembeli tidak memiliki bukti berupa video ketika membuka paket barang yang rusak.

Kebanyakan yang mengalami modus penipuan di shopee seperti ini terjadi pada barang-barang elektronik. Jadi bila berencana membeli barang elektronik secara online atau barang apapun itu dibiasakan melakukan video unboxing serta gambar untuk data laporan jika tidak sesuai.

Modus Penipuan ShopeePay Melalui Undian Hadiah

Salah satu yang muncul dalam notifikasi SMS yaitu modus penipuan shopeepay melalui undian hadiah. Pernahkah kamu menerima SMS atas nama Shopee tapi dari nomor random yang tidak dikenal? SMS tersebut biasanya berisi pemberitahuan tentang memenangkan hadiah dari Shopee atau ShopeePay. Penipuan ShopeePay melalui SMS ini merupakan penipuan yang disebut phishing

Phishing adalah upaya masuk ke akun seseorang dengan mencuri informasi penting, seperti data diri pribadi dan kata sandi. Penipuan yang mengatasnamakan Shopee melalui SMS biasanya meminta korban untuk membagikan nomor kartu kredit. Penipu akan mendorong korbannya untuk segera mengirimkan informasi tersebut dengan dalih agar kamu tidak kehilangan hadiah.

Jadi, cara mengetahui jenis modus penipuan ini sangat mudah. Biasanya mereka mengirimkan dengan kalimat yang tidak sesuai EYD dan banyak typo. Selain itu nomor alamat pengirim adalah bukan nomor resmi Shopee.

Cara Mencegah Penipuan

Adapun cara mencegah penipuan di shopee supaya penggunanya lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Shopee sudah menyediakan fitur Chat yang bisa digunakan pembeli ataupun penjual. Kita sebaiknya memakai fitur ini agar Shopee juga bisa melakukan pengawasan atau peringatan. Jika kita memakai media lain seperti SMS atau WhatsApp, bisa jadi tidak ada pengawasan dan risiko terkena penipuan akan meningkat.

Pastikan pula bahwa proses pembayaran yang dilakukan adalah yang disediakan oleh Shopee. Jika proses transfer uang berbeda dari yang disediakan Shopee, bisa jadi hal ini adalah indikasi penipuan.

Cara Melaporkan Penipuan

Jika menemukan indikasi tidak wajar dalam bertransaksi online, kamu perlu melaporkanpenipuan di Shopee dengan menghubungi customer service di nomor 1500702. Jika kita juga telah mengalami penipuan, hubungi nomor yang sama.

cara mencegah penipuan di shopee
Laporkan jika ada indikasi penipuan. Source image: pixabay

Pastikan untuk selalu cek rekening, nomor telepon, atau bahkan toko online terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi agar tidak mudah terkena penipuan.

Menjaga Keamanan Akun di Shopee

Hal pertama yang harus kita perhatikan demi menjaga keamanan akun di Shopee adalah selalu menjaga kerahasiaan password akun. Selain itu, kita juga sebaiknya mengubah password secara berkala. Satu hal yang pasti, jangan beritahukan password ke siapapun, termasuk teman. Password sebaiknya hanya diketahui sendiri.

Demi membuatnya memiliki kekuatan yang tinggi, sebaiknya password ini tidak mengandung nama pribadi atau terkait dengan username. Selain itu, terdiri dari delapan karakter yang mengandung nomor, simbol, huruf kapital, serta huruf kecil.

Keamanan password penipuan di shopee
Menjaga keamanan password. Source image: pixabay

Hal berikutnya yang sebaiknya kita perhatikan adalah cermat dalam membagikan informasi. Sebagai contoh, penipu akan berusaha keras mencari data pribadi seperti password, nomor kartu kredit, hingga PIN Saldo dari pemilik akun. Berbagai hal ini bisa digunakan untuk mengambil dana.

Demi mencegah data-data tersebut bocor, sebaiknya kita tidak menanggapi pesan, panggilan telepon, atau e-mail yang isinya meminta informasi login seperti password, kode verifikasi OTP, informasi tentang kartu kredit, atau bahkan toko jaminan sosial.

Lagipula, jika kita memakai Wi-Fi gratis di tempat umum atau di warung internet (warnet), sebaiknya tidak sembarangan memasukkan informasi berharga karena bisa jadi sudah ada alat penyadap atau pencuri data rahasia di sana. Selain itu, sebaiknya kita tidak sembarangan meng-klik tautan yang mirip dengan yang dimiliki oleh Shopee.

Nah dengan penjelasan diatas semoga pemula yang ingin bertransaksi online dapat lebih berhati-hati dalam berbelanja. Selalu cek dari berbagai aspek seperti social media, akun shopee, dan nomor telepon seller sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan pembelian. Semoga artikel ini membantu jika suatu hari terjadi hal tidak wajar dalam bertransaksi online.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!