Membuka Rekening Tabungan Muamalat

Membuka Tabungan Bank Muamalat, Mudah dan Bisa Online

Membuka Tabungan Bank Muamalat bisa dijadikan pilihan jika Anda ingin menabung di bank yang Islami. Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa Bank Muamalat termasuk dalam bank syariah terbaik di Indonesia. Hanya, seperti apa sih cara untuk membuka tabungannya?

Cara Membuka Tabungan Bank Muamalat

Cara membuka tabungan Bank Muamalat yang paling umum dilakukan adalah dengan datang ke bank. Datanglah ke kantor cabang secara langsung pada jam kerja, yakni antara pukul 08.00 hingga 16.00. Meski begitu, Anda harus mempersiapkan persyaratan seperti KTP, NPWP jika ada, dan setoran awal sebanyak Rp 100 ribu.

Biasanya, tabungan Bank Muamalat membebankan biaya administrasi Rp 12.500 setiap bulannya. Biaya ini akan dipotong secara otomatis dari saldo tabungan Anda. Tabungan ini tidak memiliki riba karena menggunakan Akad Wadiah yang berarti Anda hanya menitipkan uang di bank. Selain itu, ada juga sistem Akad Mudharabah atau bagi hasil sebesar 5 persen. Anda bisa memilih di antara kedua akad tersebut.

Membuka Tabungan Muamalat bisa Dilakukan Secara Online

Selain dengan cara datang langsung ke bank, Anda juga bisa membuka tabungan di Bank Muamalat secara online. Caranya pun mudah, yakni dengan mengunduh aplikasi Muamalat DIN di Google Play Store.

Berikut adalah tahapan membuka tabungan dengan aplikasi ini.

  • Setelah mengunduh aplikasi Muamalat Digital Islamic Network (DIN), segera instal aplikasi tersebut di gawai Anda.
  • Jika selesai diinstal, bukalah aplikasi. Anda akan melihat menu utama.
  • Cobalah klik menu Buka Rekening. Letaknya di bagian kanan. Akan keluar pertanyaan tentang apakah sudah memiliki rekening di Bank Muamalat atau belum. Jika ingin membuat, klik Belum.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan e-mail yang aktif. Setelah itu, Anda tinggal membuka e-mail untuk melakukan verifikasi yang telah dikirimkan oleh aplikasi.
  • Isilah formulir data diri dengan lengkap. Unggahlah beberapa data seperti KTP, NPWP, serta foto selfie Anda. Setelahnya, Anda pun akan diberikan pilihan jadwal untuk datang ke kantor cabang Bank Muamalat.
  • Klik Kirim jika semua data sudah lengkap. Anda pun kemudian mendapatkan nomor referensi.
  • Nomor referensi ini akan dipakai untuk membuka rekening di kantor cabang Bank Muamalat.
  • Datanglah ke kantor cabang Bank Muamalat sesuai jadwal untuk menyelesaikan pembukaan rekening.

Pilihan Jenis Tabungan di Bank Muamalat

Terdapat beberapa jenis tabungan yang bisa Anda pilih di Bank Muamalat, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. TabunganKu

Jenis tabungan ini diawasi langsung oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). TabunganKu menawarkan setoran awal yang murah, yakni Rp 20 ribu. Biaya administrasi per bulannya juga gratis. Hanya, tabungan ini memiliki banyak kekurangan seperti tidak bisa mentransfer uang ke rekening bank lain.

2. Tabungan Muamalat Haji dan Umrah

Tabungan ini diperuntukkan bagi nasabah yang ingin merencanakan ibadah haji. Setoran awalnya hanya Rp 50 ribu. Tabungan ini juga bisa memberikan kepastian kapan ibadah haji bisa segera dilakukan.

3. Tabungan Muamalat Bersama

Tabungan ini ditujukan sebagai perencanaan keuangan. Saldo akan di-autodebet secara otomatis sebanyak Rp 100 ribu untuk keperluan di masa depan.

4. Tabungan iB Muamalat

Tabungan ini bisa dipakai untuk berbelanja online, membayar pajak, hingga menawarkan kemudian mobile banking. Setoran awalnya hanya Rp 100 ribu.

Selain cermat dalam membuka rekening, pastikan untuk mewaspadai penipuan dengan atas nama Bank Muamalat, ya? Sebelum mentransfer uang, cek dulu nomor rekening di sini demi mencegah terjadinya penipuan.

Kalau menurut Anda, lebih baik membuka tabungan Bank Muamalat secara langsung atau lewat aplikasi, nih? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Transfer Uang dengan Bank Muamalat.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Rekening Tabunganku BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?