8 Tips Menghindari Penipuan Online Shop Instagram

Ada banyak kasus penipuan online shop di Instagram. Padahal, di media sosial ini, kita bisa menemukan berbagai macam barang dengan mudah. Tak hanya barang remeh seperti baju, ponsel juga bisa dijual di sini. Sayangnya, jumlah penipu yang berkedok online shop di Instagram juga nggak sedikit.

Penipu Online Shop
Source Image: Pixabay

Tips Menghindari Penipuan Online Shop di Instagram

Terdapat beberapa cara untuk menghindari penipuan online shop di Instagram. Agar tidak menjadi korban, sebaiknya kita memperhatikan hal-hal ini.

1. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Modus yang paling sering digunakan oleh penipu di Instagram adalah dengan harga sangat murah. Banyak penjual yang berdalih sedang melakukan diskon besar-besaran. Hanya, seringkali hal ini hanya tipuan saja. Biasanya, yang mampu melakukan diskon besar-besaran adalah penjual resmi besar. Jika penjual masih tergolong kecil atau hanya reseller saja, jangan mudah percaya.

Solusinya: Anda harus lebih berhati-hati dan selalu mengecek harga pasarannya. Jika terlalu jauh dibawah harga pasaran, sebaiknya jangan dilanjutkan dan cari toko lain.

Baca Juga: Tips Memilih Online Shop Terpercaya di Facebook

2. Jangan Tertipu dengan Follower Banyak

Banyak orang berpikir jika semakin banyak pengikut atau follower sebuah akun, semakin bisa dipercaya. Masalahnya adalah, kini ada banyak jasa tambah follower di Instagram. Akun-akun follower ini bisa berupa bot yang minim interaksi dan tidak dikendalikan oleh penggunanya. Hal ini membuat interaksi pada online shop ini sangatlah minim.

Solusinya: Selalu perhatikan folllowernya terlebih dahulu sebelum bertransaksi. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Coba bandingkan dengan toko follower toko lain.

3. Waspadai Testimoni Palsu

Penipu di Instagram biasanya sangat cerdik dan banyak akal. Merek bahkan bisa membuat testimoni palsu di online shop-nya lho. Testimoni ini sangat meyakinkan seakan-akan penjual sudah mengirimkan barang. Bahkan, testimoni ini menyebut barang yang dikirim berkualitas. Namun, jika dicermati, biasanya ada screenshot yang janggal pada testimoni tersebut.

Solusinya: Jangan mudah percaya terhadap testimoni yang diberikan. Perhatikan kata-kata dalam testimoni tersebut, apakah terlalu berlebihan memuji produknya atau tidak. Jika iya, maka bisa dibilang itu testimoni palsu.

4. Tanyakan Alamat Tokonya

Meskipun bentuknya toko online, bukan berarti tidak ada toko fisiknya, ya. Jangan ragu tanyakan alamat penjual. Cek alamat di Google atau bahkan Google maps untuk memastikannya. Kalau memang dekat, tak ada salahnya dikunjungi langsung untuk memeriksa kualitas barang. Jika penjual menolak diminta alamatnya, tentu mencurigakan.

5. Cermat Saat Membayar

Jika bisa membayar dengan cara cash on delivery, tentu bisa mencegah terjadinya penipuan. Selain itu, kita juga bisa membayarnya dengan menggunakan layanan rekening bersama. Ada banyak penyedia layanan rekening bersama di internet yang bisa digunakan kok.

6. Browsing Dulu Sebelum Membeli

Jangan ragu untuk mencari informasi online shop Instagram terlebih dahulu. Anda bahkan bisa mengecek nomor rekening atau nomor telepon penjual di sini untuk memastikannya penipu atau tidak.

7. Gunakan Rekening Bersama (Rekber)

Tahukah Anda? sekarang ini banyak maraknya akun Instagram toko online di hack atau dicuri, akibatnya yang seharusnya toko online di Instagram tersebut sebenarnya tidak menipu tetapi dikarenakan akun tersebut dihack, lalu dimanfaatkan oleh orang yang mencuri akun Instagram tersebut untuk menipu calon pembeli. Sehingga kasus ini dapat merugikan kedua belah pihak si penjual asli dan si pembeli.

Solusinya: Jika kamu baru pertama membeli di online shop tersebut sangat disarankan untuk meminta penjual melakukan transaksi menggunakan aplikasi marketplace seperti TokoPedia/BukaLapak/Shopee.

Kamu bisa tanyakan apakah tersedia di marketplace atau tidak. Jika ada sebaiknya Anda bertransaksi melalui marketplace tersebut. Karena dengan menggunakan rekber dari marketplace dijamin aman apabila barang tidak sesuai atau tidak sampai.

8. Perhatikan Deskripsi Produk/Barang Pada Foto

Selalu perhatikan deskripsi foto produk/barang yang diupload pada Instagramnya, terkadang penipu hanya mencantumkan harga saja tapi tidak menjelaskan detil lengkap penjelasan barang tersebut. Karena penipu tidak berniat berjualan maka ala kadarnya memasang deskripsi hanya mencantumkan harga barang.

Solusinya: Sebagai pembeli yang pintar kamu harus selalu memperhatikan diskrpsi pada foto barang yang dijual jika di dalam diskrispi tersebut tidak ada keterangan yang jelas dan hanya mencantumkan harga barang, kamu harus berhati-hati. Gunakan tips nomor 1 dan 2.

Sekarang kamu bisa menghindari penipuan online shop jika punya data nomor telepon atau nomor rekening penjual. Cara cek rekening bisa menggunakan aplikasi kredibel dan kamu akan mendapatkan data akurat sebelum sempat terkena target mereka. Selamat mencoba!

Baca juga: Waspada Penipuan Online Shop di Instagram.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!