Tips Aman Bertransaksi dengan Aplikasi GoJek

Tips Aman Bertransaksi Memakai GoJek

Siapa bilang GoJek aman dari penipuan? Dalam realitanya, kasus penipuan di GoJek telah berkali-kali terjadi. Hanya, seringkali hal ini terjadi pada layanan GoFood. Berbeda dengan layanan lainnya, GoFood biasanya dipakai dengan metode pembayaran GoPay. Karena itu, Anda harus pelajari tips aman berikut.

Beberapa Tips Aman Bertransaksi dengan GoJek Demi Mencegah Penipuan

Jika sampai menjadi korban penipuan saat memakai GoJek, tentu akan membuat kesal, bukan? Karena alasan inilah sebaiknya kita menerapkan tips-tips aman berikut ini.

1. Rutin Mengecek Menu “Logged in Device”

Normalnya, akun GoJek hanya dipakai di satu perangkat saja. Tepatnya di akun ponsel penggunanya. Hanya, terkadang ada orang yang memasuki akun ini tanpa diketahui. Mereka bisa melakukannya dengan memakai kode OTP atau cara lainnya.

Pastikan untuk mengecek seberapa banyak perangkat yang terhubung dengan akun ini. Caranya hanya tinggal mengecek di bagian menu “Logged in Device”. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera hubungi customer service GoJek.

2. Selalu Jaga Kerahasiaan Kode OTP

Meski hanya berlaku sementara, dalam realitanya kode OTP sangat penting. Kode One Time Password ini harus dijaga layaknya PIN ATM atau password media sosial. Jangan sekalipun memberikan kode ini ke orang lain, termasuk yang mengaku karyawan GoJek. Hal ini dilakukan agar tidak ada orang yang bisa memasuki akun Anda.

3. Gunakan Jaringan Pribadi

Wifi publik berbahaya untuk data pribadi kamu lho. Informasi pribadi itu dapat dengan mudah diakses orang lain kalau kamu tidak berhati-hati dalam menggunakan jaringan internet. Jadi, kalau kamu lagi di cafe dan tempat publik lainnya lalu ingin berbelanja online gunakan jaringan provider kamu sendiri untuk melakukan pembayaran online. Hal ini sangat penting sebagai pengetahuan kamu untuk mengantisipasi bocornya data pribadi dari pembayaran online yang kamu lakukan. 

4. Memasang PIN di Akun GoPay

Di aplikasi GoJek, terdapat pilihan memasang PIN di layanan GoPay. PIN Ini bisa mengamankan akses ke rekening GoPay anda. Jangan beritahukan orang lain PIN ini. Selain itu, pastikan untuk rutin menggantinya secara berkala. Hal ini bisa membantu mencegah orang lain mengakses saldo GoPay. Risiko terkena penipuan pun bisa diturunkan.

Baca juga: Tips Aman Melindungi Saldo GoPay.

5. Gunakan Nomor Ponsel atau Email yang Tetap

Menggunakan nomor ponsel atau email yang tetap untuk akun GoJek sangat disarankan. Nomor dan email ini juga sebaiknya yang Anda gunakan sehari-hari. Jika ada percobaan pengambil-alihan akun, GoJek akan segera memberitahu lewat nomor atau email tersebut. Anda pun bisa segera melakukan penanganan demi mencegah penipuan.

6. Hanya Ikuti Informasi dari Sumber Resmi GoJek

Jangan percaya telepon atau SMS yang mengatasnamakan diri dari GoJek. Selalu cek kembali di customer service atau media sosial GoJek. Dengan melakukannya, Anda bisa mencegah terjadinya penipuan.

Selain di GoJek, ada banyak sekali kasus penipuan yang melibatkan transaksi digital. Demi mencegahnya, selalu cek rekening/telepon penjual sebelum Anda bertransaksi online. Anda bisa cek nomor tersebut di sini. 

Hal tersebut bisa membantu Anda agar lebih berhati-hati lagi dalam bertransaksi online. Dengan ini Anda bisa mengetahui apakah pemilik nomor rekening/telepon yang Anda cek, pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidak.

Kalau Anda punya pengalaman penipuan di aplikasi GoJek, ceritakan ya di kolom komentar. Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terimakasih.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!