Tips Aman Belanja di Amazon

Tips Aman Belanja di Amazon, Wajib Tahu!

Tips aman belanja di Amazon wajib Anda ketahui agar tidak sampai menjadi korban penipuan. Meski marketplace belanja online ini sudah menerapkan sistem keamanan yang baik, harus tetap berhati-hati. Anda harus tetap waspada dan menerapkan berbagai tips aman belanja di Amazon. Apa saja sih tips-tipsnya? Yuk, simak!

Pastikan untuk Membuat Akun Dulu di Amazon

Jangan salah, Amazon ternyata sudah ada sejak lama, lho. Marketplace ini sudah ada sejak tahun 1994. Memang, namanya masih kalah terkenal di Indonesia jika dibandingkan dengan marketplace lokal. Hanya, tetap saja banyak orang Indonesia yang tertarik untuk berbelanja di sini.

Sebelum memutuskan untuk belanja di Amazon, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah mendaftar di situs resminya. Cara berikutnya adalah mendaftar di aplikasi. Khusus untuk aplikasi, Anda harus mengunduhnya di gawai terlebih dahulu.

Kalau Anda sudah memilih salah satu dari cara tersebut, segera masuk ke bagian Sign Up. Jika tidak, kamu bisa mengecek bagian kanan atas di situs tersebut. Setelah memilih, akan keluar Account and Lists. Setelahnya, Anda tinggal memilih Create Your Amazon Account.

Anda tinggal mengisi data pribadi dengan lengkap. Pastikan untuk memasukkan alamat e-mail atau nomor telepon yang masih aktif. Lewat kedua hal ini, Anda bisa melakukan verifikasi atau mendapatkan OTP (one time password). Lewat OTP inilah akun Anda bisa terverifikasi sehingga aktif. Anda pun akan siap untuk berbelanja dengan aman di Amazon.

Tips Aman Belanja di Amazon yang Bisa Anda Ikuti

Cara belanja di Amazon sangatlah mudah sebagaimana belanja di marketplace lokal. Setelah mencari produk yang Anda inginkan, tinggal masukkan ke ikon keranjang. Jika memang sudah pasti ingin membelinya, tinggal menekan tombol Buy. Untuk memastikan bahwa Anda akan membelinya, Anda tinggal menekan tombol Check Out. Anda pun tinggal menekan tombol Process Now untuk membayar.

Terdapat beberapa metode pambayaran yang bisa Anda lakukan di Amazon. Sebagai contoh, Anda bisa memakai kartu kredit atau kartu promo. Anda juga bisa memakai kartu Amazon Store atau Amazon gift (kartu hadiah). Satu hal yang pasti, Anda harus memakai kartu kredit fisik, bukannya kartu kredit virtual (VCC).

Tips Membayar dengan Kartu Kredit

Jika Anda memakai kartu kredit, tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Daftaran kartu kredit ke bank yang menerbitkan kartu Anda. Selain mendatangi bank, Anda juga bisa mendaftarkannya di situs bank tersebut.
  • Jika sudah terdaftar, Anda tinggal masuk ke situs Amazon. Setelah itu, carilah ikon Your Account.
  • Setelah memilih Payment Methods. Kemudian, pilih Add a Credit or Debit Card.
  • Anda tinggal memasukkan nomor kartu kredit milik Anda. Masukkan nama lengkap Anda.
  • Masukkan alamat di mana kartu kredit Anda bisa ditagih.
  • Kartu kredit Anda pun bisa digunakan untuk membayar barang yang Anda beli di Amazon.

Setelah memilih pembayaran, Anda tinggal memilih metode pengiriman. Terdapat tiga jenis pengiriman yang bisa Anda pilih sesuai dengan lamanya waktu pengiriman. Ada yang hanya membutuhkan waktu beberapa hari, ada juga yang sampai 3-4 minggu.

Agar aman, jangan sembarangan mengirim uang ke nomor rekening setiap kali berbelanja online. Pastikan untuk mengeceknya dulu di sini, ya? Hal ini bisa membantu Anda mencegah dari tindakan penipuan.

Kalau menurut Anda, apakah sistem keamanan di Amazon sudah cukup baik? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Belanja Aman dan Mudah di Amazon.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!